Daftar referensi buku dan silabus

BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 58
Kode Matakuliah : PSI 3430
Nama Matakuliah : Psikologi Industri dan Organisasi III
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Industri dan Organisasi I
Prasyarat Untuk Matakuliah : Pelatihan
Diberikan pada Semester : 4
Kompetensi Umum Matakuliah
1. Agar mahasiswa memahami konsumen dalam kaitannya dengan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan pribadi konsumen
2. Pendekatan berdasarkan segmen psikografis
3. Peranan budaya dan subbudaya terhadap keputusan konsumen
4. Pengaruh kelas sosial, determinan individu terhadap perilaku, proses pengambilan keputusan
Materi Kuliah
1. Pengertian perilaku dan psikologi konsumen serta ruang lingkupnya
2. Psikologi budaya dan subbudaya pengaruh kelas sosial, kelompok, keluarga dan orang lain
3. Determinan individual, kepribadian, konsep diri, motivasi dan keterlibatan, pemrosesan informasi dan periklanan, pembelajaran, sikap dan perubahan sikap
4. Proses pengambilan keputusan
5. Penelusuran informasi dan evaluasi
6. Proses Pembelian
7. Model perilaku konsumen
Buku Rujukan
1. Loudon, D.L. & Della-Bitta, A.J. 1993. Consumer Behavior: Consepts Aplication (4th ed). Singapore: McGraw Hill
2. Engel, J.F., Blackswell, R.D., & Miniard, P.W. 1995. Consumer Behavior (8th ed). Tokyo: The Dryden Press
*****
Nomor Urut Matakuliah : 59
Kode Matakuliah : PSI 3731
Nama Matakuliah : Psikologi Klinis
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Abnormal dan Psikopatologi
Prasyarat Untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : 7
Kompetensi Umum Matakuliah
1. Agar mahasiswa mampu memahami pengertian dan konsep dasar psikologi klinis
2. Memahami pendekatan dan prinsip-prinsip penanganan terhadap kasus disfungsi psikologis
Materi Kuliah
1. Pengertian dan konsep dasar klinis
2. Pendekatan terhadap disfungsi psikologis
3. Prinsip pengukuran terhadap aspek intelektual, kepribadian, tingkah laku, neuropsikologi, psikofarmakologi
4. Pendekatan terhadap prevensi, intervensi, konsultasi, latihan non profesional, pendidikan dan kesehatan masyarakat
5. Etika dalam praktek psikologi klinis
Buku Rujukan
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
1. Phares, E.J. 1992. Clinical Psychology: concepts, methods, profession. California: Brooks/Cole Publishing Company.
2. Bernstein, D.A. & Nietzel M.T. 1980. Introduction to Clinical Psychology. New York: McGraw Hill.
3. Sumarmo, Suprapti. Pengantar Psikologi Klinis.
4. PPDGJ III & DSM IV
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 60
Kode Matakuliah : PSI 3732
Nama Matakuliah : Psikologi Konseling
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Abnormal dan Psikopatologi
Prasyarat Untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : 7
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar konseling serta beberapa teknik dan langkah-langkah pelaksanaan konseling
Materi Kuliah
1. Pengertian dan prinsip-prinsip konseling
2. Makna tingkah laku membantu
3. Langkah-langkah dalam konseling
4. Beberapa pendekatan dan macam konseling
5. Teknik-teknik konseling
Buku Rujukan
1. Hansen, J.C., Stevic, R.R., & Warmer, R.W. 1986. Counseling: Theory and Process (4th ed.) Boston: Allyn & Bacon, Inc
2. Rogers, C. 1942. Counseling & Psychoterapy.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 61
Kode Matakuliah : PSI 3433
Nama Matakuliah : Psikologi Agama I
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Perkembangan I
Prasyarat Untuk Matakuliah : Psikologi Agama II
Diberikan pada Semester : 4
Kompetensi Umum Matakuliah
1. Mahasiswa mampu memahami konsep tentang agama, kaitan agama dan ilmu pengetahuan, serta psikologi dan agama.
2. Mahasiswa memahami metode penelitian dan sumber jiwa agama.
3. Memahami mengetahui berbagai aliran dan ahli psikologi yang pro dan kontra dalam kajian agama dan psikologi.
Materi Kuliah
1. Definisi agama
2. Agama dan ilmu pengetahuan
3. Psikologi dan agama
4. Tinjauan tentang psikologi agama
5. Psikologi vs agama
6. Psikologi pro agama
7. Metodologi penelitian dan sumber jiwa agama
Buku Rujukan
1. Kung, Hans. 1988. Sigmund Freud vis A vis Tuhan. (Terjemahan). Yogyakarta: Ircisod.
2. Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung: Penerbit Mizan.
3. Jalaluddin. 1998. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
4. Ramayulis. 2002. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
5. Thouless, Robert H. 2000. Pengantar Psikologi Agama. (Terjemahan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
6. Darajat, Zakiyah. 1991. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: CV Bulan Bintang
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 62
Kode Matakuliah : PSI 3534
Nama Matakuliah : Psikologi Agama II
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Agama I
Prasyarat Untuk Matakuliah : Psikologi Agama III
Diberikan pada Semester : 5
Kompetensi Umum Matakuliah
1. Agar mahasiswa memahami konsep agama dan kesehatan mental, psikoterapi dan peran agama dalam pemeliharaan kesehatan mental.
2. Memahami konsep-konsep logoterapi dan psikologi transpersonal.
3. Memahami kepribadian dan sikap keberagamaan serta motivasi perilaku beragama.
Materi Kuliah
1. Psikologi transpersonal
2. Logoterapi
3. Agama dan psikoterapi
4. Prinsip pelaksanaan psikoterapi islami
5. Peranan agama dalam terapi neurosis
6. Agama dan kesehatan mental
7. Metode perolehan dan pemeliharaan kesehatan mental
8. Kepribadian dan sikap keberagamaan
9. Motivasi untuk berperilaku agama
Buku Rujukan
1. Mudjib, Abdul & Mudzakir, Jusuf. 2001. Nuansa-Nuansa Psikologi Islami. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
2. Bastaman, Hanna Djumhana. Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Paramadina.
3. Jalaluddin. 1998. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
4. Adz-Dzaky. M. Hamdani Bakran. 2004. Konseling dan Psikologi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
5. Syukur, Nico. 1988. Pengalaman dan Motivasi Agama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
6. Frankl, Victor E. 2004. Mencari Makna Hidup. Bandung: Penerbit Nuansa.
7. Darajat, Zakiyah. 2002.Psikoterapi Islami. Jakarta: PT. Bulan Bintang.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 63
Kode Matakuliah : PSI 3635
Nama Matakuliah : Psikologi Agama III
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Mata Kuliah Prasyarat : Psikologi Agama II
Prasyarat Untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : 6
Kompetensi Umum Matakuliah
1. Mahasiswa memahami konsep tentang perkembangan jiwa keagamaan darimasa kanak-kanak hingga usia lanjut.
2. Mahasiswa mengerti konsep kematangan beragama seseorang.
3. Mahasiswa mengetahui dan memahami pengaruh pendidikan dan kebudayaan terhadap jiwa keagamaan, gangguan dalam perkembangan jiwa agama, pengaruh agama dalam kehidupan.
4. Mahasiswa memahami proses terjadinya konversi agama dan konsep kebahagiaan menurut berbagai agama.
Materi Kuliah
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
1. Perkembangan jiwa keagamaan pada masa anak-anak.
2. Perkembangan jiwa keagamaan pada masa remaja.
3. Perkembangan jiwa keagamaan pada masa dewasa.
4. Perkembangan jiwa keagamaan pada masa lanjut usia.
5. Kematangan beragama.
6. Pengaruh pendidikan dan kebudayaan terhadap jiwa keagamaan.
7. Konversi agama.
8. Kebahagiaan dalam konsep agama-agama.
9. Agama dan pengaruhnya dalam kehidupan
Buku Rujukan
1. Bastaman, Hanna Djumhana. 1996. Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Paramadina.
2. Rahmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung: Penerbit Mizan.
3. Rahmat, Jalaluddin. 2004. Meraih Kebahagiaan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
4. Hidayat, Komaruddin., dkk. 1999. Psikologi Agama dan Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Logos.
5. Ramayulis. 2002. Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
6. Thouless, Robert H. 2000. Pengantar Psikologi Agama. (Terjemahan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
7. Sururin. 2004. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
8. Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT Bulan Bintang.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 67
Kode Matakuliah : PSD 5001
Nama Matakuliah : Kesulitan Belajar
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : -
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : II ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang menghambat kelancaran proses belajar di sekolah dan membuat saran-saran atau rencana untuk mengatasinya
Materi Matakuliah
1. Ciri-ciri kesulitan belajar
2. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
3. Kesulitan pemrosesan informasi
4. Perilaku bermasalah
5. Phobia sekolah
6. Kesulitan belajar non verbal
7. Kesulitan belajar matematika
8. Sekolah, kesulitan belajar dan delikuensi
9. Lengah tugas dan hiperaktivitas
10. Kesulitan konsentrasi
11. Motivasi belajar rendah
12. Penderita epilepsi
13. Peran keterlibatan orang tua dalam intervensi
Buku Rujukan
1. Bryan, T.H. 1975. Understanding Learning Disability. New York: Alfred Publishing Co. Inc.
2. Hall, D.M.B. 1996. The Child with Disability. London: University Press Cambridge
3. Schaefer, C.E. & Millman, H.L. 1981. How To Help Children With Common Problems. New York: Van Nostrand Reinhold Comp.
****
Nomor Urut Matakuliah : 68
Kode Matakuliah : PSD 5002
Nama Matakuliah : Identifikasi & Pengembangan Kreativitas
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Perkembangan II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : V ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Merumuskan konsep kreativitas ditinjau dari aspek 4P
2. Membedakan aptitude dan non-aptitude traits dari kreativitas
3. Mengenali faktor-faktor internal dan eksternal yang menunjang pengembangan kreativitas
4. Memahami berbagai teori, taksonomi dan model pengembangan kreativitas
5. Mengenal dan menerapkan teknik-teknik kreativitas
6. Mengenal dan menerapkan teknik-teknik pengukuran kreativitas
Materi Matakuliah
1. Konsep kreativitas ditinjau dari 4P
2. Ciri-ciri aptitude dan non-aptitude dari kreativitas
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
3. Kondisi-kondisi yang memupuk dan menghambat kreativitas
4. Kreativitas dan inteligensi
5. Kreativitas dan memori
6. Diri (self) dan kreativitas
7. Peran keluarga dan sekolah dalam memupuk kreativitas anak
8. Model kognitif dan afektif dari Williams
9. Model terpadu dari Clark
10. Teknik hubungan yang dipaksakan dan teknik morfologikal untuk memacu gagasan
11. Pendaftaran atribut dan daftar pertanyaan yang memacu gagasan
12. Teknik urun rembuk dan memacu gagasan
13. Pemecahan masalah secara kreatif
14. Teknik-teknik pengukuran kreativitas
Buku Rujukan
1. Munandar, S.C.Utami. 1992. Mengembangkan Bakat & Kreativitas Anak Sekolah. (Cetakan IV). Jakarta: Gramedia.
2. Isenberg, Joan P. and Jalongo, Mary Renck. 1993. Creative Expression and Play in the Early Childhood Curriculum. New York: MacMillan Publishing Company.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 69
Kode Matakuliah : PSD 5003
Nama Matakuliah : Bimbingan Karir di Sekolah
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Pendidikan III
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa dapat mendiskusikan proses perkembangan karir seseorang dan merancang jalan karir untuk mencapainya.
Materi Matakuliah
1. Defenisi Karir
2. Faktor yang mempengaruhi pilihan karir
3. Tahapan karir
4. Stereotip jenis kelamin dalam pilihan karir
5. Pengertian, tipe, skema perbandingan jangkar karir
6. Kesuksesan karir
7. Faktor-faktor yang mempengaruhi karir : minat dan aspirasi
8. Pengertian minat, teori Holland, pengukuran minat
9. Pengertian aspirasi, proses terbentuknya, faktor yang mempengaruhi, pengukurannya
10. Hambatan pribadi
11. Faktor-faktor dalam diri yang menghambat karir
12. Pelatihan bimbingan karir di SD, SMU, SMK
Buku Rujukan
1. Brooks, L. 1991. Career Choice and Development. Oxford: Josseys Bass Publisher
*****
Nomor Urut Matakuliah : 70
Kode Matakuliah : PSP 5004
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nama Matakuliah : Psikologi Bermain
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Perkembangan I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : IV ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mengetahui, memahami dan menganal bermacam-macam teori bermain serta pentingnya kegiatan bermain untuk menunjang perkembangan anak normal dan cacat.
Materi Matakuliah
1. Pengantar teori bermain
2. Tahapan perkembangan bermain
3. Manfaat bermain
4. Hubungan bermain dan perkembangan fisik/motorik, perkembangan sosial, kognitif dan kepribadian
5. Jenis-jenis kegiatan bermain
6. Alat permainan elektronik
7. Macam-macam alat permainan dan cara memainkannya untuk anak normal & cacat
8. Faktor-faktor yang berperan dalam kegiatan bermain
9. Issue tentang kegiatan bermain di masyarakat
10. Bermain dan pengembangan kreatifitas
Buku Rujukan
1. Tedjasaputra, M.S. 1995. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
2. Isenberg, Joan P. and Jalongo, Mary Renck. 1993. Creative Expression and Play in the Early Childhood Curriculum. New York: MacMillan Publishing Company.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 71
Kode Matakuliah : PSS 5005
Nama Matakuliah : Komunikasi dan Perubahan Perilaku
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Sosial II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : V ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Memahami konsep-konsep dan proses komunikasi
2. Memahami komunikasi sebagai sarana hubungan interpersonal
3. Memahami faktor-faktor fisiologis dan psikologis komunikasi sebagai sarana perubahan tingkah laku
Materi Matakuliah
1. Pengertian dan fungsi komunikasi
2. Ciri-ciri dan dimensi komunikasi
3. Unsur-unsur komunikasi
4. Prinsip hubungan interpersonal
5. Komunikasi interpersonal
6. Faktor fisiologis dalam komunikasi interpersonal
7. Faktor-faktor psikologis dalam hubungan interpersonal
8. Komunikasi yang efektif
9. Konsep perubahan dalam komunikasi sebagai perubahan sikap
10. Komunikasi sebagai sarana perubahan tingkah laku
11. Memanfaatkan umpan balik
12. Self-disclosure
13. Strategi-strategi perubahan individual
14. Konseling
15. Perubahan yang direncanakan
16. Berbagai strategi perubahan sosial
17. Analisa transaksional sebagai teori komunikasi
Buku Rujukan
1. Ross, R.S. & Ross, M.G. 1982. Interacting & Interacting: An Introduction to Interpersonal Communication. London: Prentice-Hall International
2. Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 72
Kode Matakuliah : PSP 5006
Nama Matakuliah : Psikologi Perkembangan Remaja
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Perkembangan II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : V ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa memahami perkembangan berbagai aspek pada masa remaja dan dampaknya terhadap perilaku dan perkembangan kepribadian serta memahami kaitan antara perkembangan tersebut dengan masalah aktual yang dihadapi remaja.
Materi Matakuliah
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
1. Perkembangan fisiologik
2. Perkembangan seksual
3. Perkembangan kognitif
4. Perkembangan sosial-emosional
5. Perkembangan agama dan moral
6. Keterkaitan antara perkembangan-perkembangan tersebut dan dampaknya pada perilaku
7. Pemantapan identitas diri
8. Masalah-masalah remaja dan proses pemantapan identitas diri serta tugas perkembangan
Buku Rujukan
1. Adam, G.R. & Gullotta, T.L. 1981. Adolescent Life Experience. California: Brooks/Cole Publishing Company.
2. Papalia, D. & Olds, S.W. 1992. Human Development (5th ed.). New York: McGraw Hill
3. Sarwono, S.W. 1991. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 73
Kode Matakuliah : PSI 5007
Nama Matakuliah : Konseling Kejuruan
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Industri & Organisasi I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : III ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan ruang lingkup konseling kejuruan, tujuan konseling kejuruan bagi individu (di luar dan di dalam perusahaan/organisasi), bagi perusahaan dan bagi masyarakat, faktor-faktor yang berperan dalam konseling kejuruan, proses konseling kejuruan.
Materi Matakuliah
1. Sejarah munculnya konseling kejuruan
2. Kaitan psikologi industri organisasi dan konseling kejuruan
3. Ruang lingkup konseling kejuruan
4. Peran konseling kejuruan bagi individu dan bagi pengembangan perusahaan
5. Proses konseling kejuruan
6. Metode-metode yang digunakan dalam konseling kejuruan
7. Masalah-masalah dalam memilih bidang kerja dan melaksanakan kerja
8. Peninjauan faktor individu, pekerjaan, dan lingkungan dalam proses konseling kejuruan
9. Teknik konseling kejuruan
10. Pembuatan laporan
11. Persyaratan konselor
12. Kode etik konselor
Buku Rujukan
1. Blum, M. & Balinsky, B. 1980. Counseling and Psychology, Vocational Psychology and its Relation to Educational and Personal Counseling. New Jersey: Prentice Hall Inc.
2. Peter, H.J. & Hansen, J.C. 1971. Vocational Guidance and Career Development (2nd ed.). New York: The MacMillan Co.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 74
Kode Matakuliah : PSU 5008
Nama Matakuliah : Penelitian Kualitatif
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikodiagnostik II (MOW)
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : V ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Memperkenalkan paradigma penelitian kualitatif dan mempersiapkan mahasiswa untuk mampu melaksanakan dan menginterpretasikan hasil penelitian kualitatif
Materi Matakuliah
1. Paradigma-paradigma dalam penelitian ilmu sosial
2. Karakteristik penelitian kualitatif
3. Metode-metode dalam penelitian kualitatif
4. Tipe-tipe penelitian kualitatif
5. Analisis data dan pelaporan hasil penelitian kualitatif
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Buku Rujukan
1. Denzin, N.K. & Lincoln, I.S. 1994. Handbook of Qualitative Research. Newbury Park: Sage Publications.
2. Marshall, C.V. & Rossman, G.B. 1989. Designing Qualitative Research. Newbury Park: Sage Publications.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 75
Kode Matakuliah : PSD 5009
Nama Matakuliah : Psikologi Pendidikan Anak Luar Biasa
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Pendidikan II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan batasan, karakteristik psikologis dan fungsi-fungsi perkembangan yang dipengaruhi berbagai ketunaan
2. Menjelaskan intervensi atau bantuan yang dapat mengurangi pengaruh dari hambatan masing-masing ketunaan
3. Membuat perencanaan program pengajaran individual khusus untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki anak-anak luar biasa
Materi Matakuliah
1. Pengantar dan teknik pengajaran khusus
2. Psikologi dan pendidikan anak tuna netra
3. Psikologi dan pendidikan anak tuna rungu
4. Psikologi dan pendidikan anak tuna wicara
5. Psikologi dan pendidikan anak tuna grahita
6. Psikologi dan pendidikan anak tuna daksa
7. Psikologi dan pendidikan anak tuna laras
8. Psikologi dan pendidikan anak tuna ganda
9. Orang tua anak luar biasa
10. Pendidikan luar biasa di Indonesia
Buku Rujukan
1. Mangunsong, F. dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Depok: LPSP3-UI.
2. Suran, B.G. & Rizzo, J.V. 1979. Special Children and Integrative Approach. Scott Foresman & Co.
3. Halahan, D. & Kauffman J.M. 1994. Introduction to Special Education (6th ed.). Massachusetts: Allyn & Bacon
*****
Nomor Urut Matakuliah : 76
Kode Matakuliah : PSU 5010
Nama Matakuliah : Kognitif & Belajar pada Anak
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Kognitif
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa memahami hubungan antara kemampuan-kemampuan berpikir (kognitif) anak dengan kemampuan belajarnya.
Materi Matakuliah
1. Beberapa teori perkembangan.
2. Tiga macam pandangan tentang bagaimana seorang anak berpikir dan belajar
3. Teori Piaget: khususnya yang berhubungan dengan kesiapan belajar anak dan kritik terhadap teorinya
4. Belajar bagaimana cara berpikir dan belajar (learning how to think and to learn)
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
5. Hubungan antara bahasa dan belajar
6. Pengaruh budaya dan sosial terhadap perkembangan kognitif anak (Teori Luria)
Buku Rujukan
1. Astington, J.W., Haris, P.L., & Olson, D.R. 1998. Developing Theories of Mind. New York: Cambridge University Press
2. Luria, A.R. 1976. Cognitive Development: Its Cultural and Social Foundations. Cambridge: Harvard University Press
3. Wood, D. 1990. How Children Learn and Think. Cambridge: Basil Blackwell
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 77
Kode Matakuliah : PSA 5011
Nama Matakuliah : Perkembangan Agama Anak & Remaja
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Agama II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Memahami metode penelitian perkembangan agama dan mampu melakukan penelitian psikologis dalam kajian perkembangan agama anak dan remaja
2. Memahami berbagai aspek perkembangan agama pada anak dan remaja
Materi Matakuliah
1. Pengertian psikologi perkembangan agama anak dan remaja
2. Metode penelitian perkembangan agama anak dan remaja
3. Perkembangan konsep dan kepercayaan terhadap Ketuhanan pada anak dan remaja
4. Perkembangan konsep dan kepercayaan terhadap kematian pada anak dan remaja
5. Perkembangan konsep dan perilaku ritual pada anak dan remaja
Buku Rujukan
1. Crapps, R.W. 1994. Perkembangan Kepribadian & Keagamaan. (Diteremahkan oleh Agus M. Hardjana). Yogyakarta: Penerbit Kanisius
2. Fowler, J.W. 1981. Stages of Faith. San Fransisco: Harper & Arow Publisher
3. Supratiknya,A. (Editor). 1995. Teori Perkembangan Kepercayaan, Karya-karya Penting James W. Fowler. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
4. Thoules, R.H. 1992. Pengantar Psikologi Agama. (Diterjemahkan oleh Machnun Husein). Jakarta: Rajawali Pers
*****
Nomor Urut Matakuliah : 78
Kode Matakuliah : PSI 5012
Nama Matakuliah : Psikologi Terapan PIO
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Industri & Organisasi I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : III ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mengenal penerapan psikologi dalam bidang psikologi industri organisasi dan bidang klinis yang diperoleh dari para praktisi di bidang-bidang tersebut serta mampu menerapkan pengetahuan terebut dalam berbagai bidang kegiatan
Materi Matakuliah
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Psikologi periklananan
3. Rekrutmen
4. Analisis Jabatan
Buku Rujukan
1.
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
2.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 79
Kode Matakuliah : PSK 5013
Nama Matakuliah : Psikodinamika Keluarga
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Kepribadian II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Mengenal berbagai tahapan dalam daur kehidupan keluarga
2. Mengenal pelbagai tugas perkembangan dan pengaruh dari faktor-faktor sosial budaya
3. Memahami pengaruh dari perkembangan pengetahuan tentang peran wanita dan budaya terhadap psikodinamika keluarga
Materi Matakuliah
1. Pengantar dan tinjauan umum dari daur kehidupan keluarga yang mengalami perubahan dengan adanya pengaruh sosio-budaya
2. Masa dewasa muda, pernikahan, keluarga dengan anak balita, keluarga pada tahap lanjut
3. Siklus perceraia : perpisahan, perceraian, pernikahan kembali
4. Variabel-variabel yang mempengaruhi perubahan pada daur kehidupan keluarga : penyakit, kematian, alkohol, kondisi sosial ekonomi rendah
Buku Rujukan
1. Carter, B. & McGolderick, M. 1998. The Changing Family Life Cycle (2nd ed). USA: Allyn & Bacon.
2. Sprenkle, D. & P.Fred. 1986. Family Therapy Sourcebook. The Guilford Press.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 80
Kode Matakuliah : PSA 5014
Nama Matakuliah : Teori Perkembangan Kepercayaan
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Agama I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : V ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
1.
2.
Materi Matakuliah
1.
2.
….
Buku Rujukan
1.
2.
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 81
Kode Matakuliah : PSO 5015
Nama Matakuliah : Asesment Psikologi
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Industri & Organisasi I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu memahami alat-alat asesmen, modal dan proses seleksi, orientasi dan sosialisasi di perusahaan
Materi Matakuliah
1. Pengertian asesmen psikologi
2. Metode-metode yang digunakan dalam asesmen psikologi
3. Penggunaan asesmen psikologi
4. Model kesesuaian individu dan organisasi
5. Metode-metode seleksi
6. Orientasi dan proses sosialisasi di perusahaan
Buku Rujukan
1. John, P.W. 1992. Organizational Entry Recruitment, Selection, Orientation and Socialization of New Comer (2nd ed.). Addition Wesley Publishing Company.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 82
Kode Matakuliah : PSK 5016
Nama Matakuliah : Psikologi Perilaku Seksual
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Abnormal & Psikopatologi
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VII ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu memahami psikodinamika, anatomi, fisiologi dan aspek-aspek psikososial perilaku seksual pada manusia untuk dapat menjelaskan, meramalkan dan mengontrolnya.
Materi Matakuliah
1. Pengantar dan latar belakang penelitian perilaku seksual
2. Ruang lingkup psikologi perilaku seksual
3. Teori-teori tentang perilaku seksual
4. Metode dan etika penelitian perilaku seksual
5. Penyimpangan dan kelainan seksual
6. Penyakit kelamin, alat kontrasepsi, dan dampaknya
7. Terapi penyimpangan dan kelainan perilaku seksual
8. Attraction, love, and romance
9. Identitas gender
10. Sexim, feminisme
11. Perilaku seksual intramarital
12. Perilaku seksual ekstramarital
13. Perilaku seksual remaja
Buku Rujukan
1. Deaux & Wrighstman. 1998. Social Psychology. California: Brooks/Cole Publ.
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
2. Kinsey, A.C. 1953. Sexual Behavior in The Human Female. W.B. Saunders
3. Walsh, M.R. 1987. The Psychology of Women, On Going Debates. New Haven: Yale University Perss
*****
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 83
Kode Matakuliah : PSP 5017
Nama Matakuliah : Psikologi Pendidikan Masyarakat
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Pendidikan I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Menyadari pentingnya pendidikan masyarakat dalam mencerdaskan bangsa
2. Memahami faktor-faktor psikologis dalam pendidikan masyarakat
3. Menerapkan teori-teori psikologi pendidikan dalam suatu program pendidikan masyarakat.
Materi Matakuliah
1. Sejarah munculnya pendidikan masyarakat
2. Batasan pengertian pendidikan masyarakat
3. Tujuan dan ruang lingkup pendidikan masyarakat
4. Peran ilmu psikologi dalam kegiatan program pendidikan masyarakat
5. Karakteristik pelajar dewasa dan gaya belajar
6. Strategi mengajar
7. Diagnostik pelatihan dan pengembangan
8. Metode evaluasi perencanaan program pendidikan masyarakat
Buku Rujukan
1. Basar, A.S. 1985. Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: IKIP
2. Batter. 1985. Communities & Developing Programe in Adult Education. New Jersey: Prentice Hall Inc.
3. Murk, P.J. 1989. Planning Succesful Programe. Muncie: Kinko’s Copies Professor Publ.
4. Napitupulu, W.P. 1982. Eksistensi dan Peran Pendidikan Non Formal dalam Usaha Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. DEPDIKBUD
5. Rogers, J. 1984. Adult in Education. London: BBC
*****
Nomor Urut Matakuliah : 84
Kode Matakuliah : PSA 5018
Nama Matakuliah : Psikologi Konversi Agama
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Agama I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
1.
2.
Materi Matakuliah
1.
2.
Buku Rujukan
1.
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
*****
Nomor Urut Matakuliah : 85
Kode Matakuliah : PSA 5019
Nama Matakuliah : Psikologi Transendental
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Agama I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
1.
2.
Materi Matakuliah
1.
2.
Buku Rujukan
1.
2.
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
Nomor Urut Matakuliah : 86
Kode Matakuliah : PSD 5020
Nama Matakuliah : Psikologi Belajar
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Pendidikan II
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : VI ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa memahami teori-teori pembentukan dan modifikasi tingkash laku dan mampu menerapkannya dalam proses pembentukan tingkah laku
Materi Matakuliah
1. Instink
2. Imprinting
3. Pengalaman masa kecil
4. Kondisioning Klasik
5. Kondisioning Operan
6. Keteladanan
7. Latent Learning
8. Insight Learning
9. Prinsip-prinsip Reinforcement
10. Penghindaran
11. Melarikan diri
12. Punishment
13. Pemadaman
14. Generalisasi
15. Diskriminasi
16. Ingatan
17. Pemecahan masalah dan proses informasi
Buku Rujukan
1. Wittig, A.F. 1981. Psychology of Learning. New York: McGraw Hill Book Co.
*****
Nomor Urut Matakuliah : 87
Kode Matakuliah : PSI 5021
Nama Matakuliah : Pelatihan
Bobot Matakuliah : 2 SKS
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Matakuliah Prasyarat : Psikologi Industri & Organisasi I
Prasyarat untuk Matakuliah : -
Diberikan pada Semester : III ke atas
Kompetensi Umum Matakuliah
Agar mahasiswa mampu :
1. Memahami peran pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia untuk peningkatan SDM
2. Memahami proses pelatihan dengan unsur-unsurnya
3. Merencanakan dan menyusun suatu program pelatihan yang relevan berdasarkan analisis kebutuhan serta karakteristik peserta pelatihan yang ditetapkan.
Materi Matakuliah
1. Latar belakang pelatihan dan pengembangan SDM
2. Pengertian pelatihan dan pengembangan SDM
BAB I II. KURIKULUM DAN SILABUS
3. Proses belajar dan pelatihan orang dewasa
4. Proses pelatihan dan unsur-unsurnya
5. Macam-macam bentuk pelatihan
6. Perangkat penilaian/evaluasi
7. Pembuatan Disain pelatihan
Buku Rujukan
1. Laird, D. 1985. Approach to Training and Development (2nd ed.revised). New York: Addison Wesley Publishing Co.
2. Craig, R.L. (editor in chief) 1990. Training and Development Hanbook (4th ed). New York: McGraw Hill.
*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: